Selamat datang di Blog Urang Sadang


Rabu, 18 Februari 2015

Cara memperpanjang STNK sendiri

Apa kabar sob, lama nggak bikin postingan lagi, gara2 sibuk sama bikin software ama kesibukan lainnya. Kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara memperpanjang STNK, lebih tepatnya mengganti STNK Sepeda Motor yang sudah habis masa berlaku selama 5 tahun, sekaligus ganti Plat Nomor, tanpa melewati Biro Jasa alias Ngurus sendiri. Oh iya, saya ngurus STNK ini di Kantor Samsat Soreang, untuk Kantor Samsat daerah lain, kayaknya teknisnya gak akan berbeda jauh.

Pertama-tama, sebelum berangkat dari rumah, siapkan dulu
  1. KTP Asli
  2. BPKB Asli
  3. STNK Asli
  4. Foto Copy KTP 2 lembar
  5. Foto Copy STNK 2 lembar
  6. Foto copy BPKB 2 lembar
  7. Map kertas 1 pcs. 
Setelah semuanya siap, sebelum berangkat, jangan lupa berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing, hihi...

Setelah sampai di Kantor Samsat Soreang, bawa Sepeda Motor sobat ke Tempat Penggosokan Rangka Mesin, lokasinya disebelah kanan kantor pelayanan, tepat setelah Tempat Parkir. Setelah penggosokan selesai, sobat akan dimintai foto copy KTP dan foto copy STNK sobat beserta Map kertas, juga ongkos penggosokan, besarnya terserah sobat semua, tapi perkataan si tukang godsoknya kira-kira seperti ini " Sok weh teu langkung, bade sapuluh bade langkung ge ". Klo di translate ya kira-kira seperti ini : " Terserah anda saja, mau Sepuluh ribu atau lebih juga ", silahkan dicerna sendiri oleh sobat semua. Proses disini memakan waktu kurang lebih 5-10 menit.

Setelah selesai di bagian penggosokan, sobat semua akan disuruh untuk kebagian kedua, yaitu Bagian Verifikasi, letaknya tepat setelah tempat penggosokan, kira-kira 50 meter, agak tersembunyi sih klo menurut saya. Dibagian verifikasi ini, sobat semua akan dimintai semua persyaratan yang telah sobat bawa dari rumah, antara lain : KTP Asli, foto copy KTP, STNK Asli, foto copy STNK dan terakhir BPKB asli. Setelah semua diserahkan, sobat akan disuruh menunggu kira-kira 5-10 menit juga.

Setelah selesai diverifikasi, sobat semua akan disuruh untuk membawa semua persyaratan yang telah diverifikasi tadi kebagian pelayanan, klo tidak salah di Loket 6, disitu tertulis Penggantian 5 Tahun STNK, kurang lebih seperti itu, tempatnya terletak di gedung utama, disebelah tempat penggosokan rangka tadi. Dibagian ini, sobat serahkan semua persyaratan tadi, plus foto copy KTP dan foto copy STNK. Setelah semua diserahkan, sobat tinggal duduk didepan Loket 4, menunggu panggilan pembayaran, kurang lebih 20-30 menit. Setelah dipanggil ke Loket Pembayaran, sobat semua akan disuruh duduk kembali, menunggu panggilan lagi untuk pengambilan STNK di Loket 5, kurang lebih sama lah, 20-30 menitan.

Di Loket 5 ini, petugas akan menyerahkan STNK baru dan Plat nomor baru sobat, atau bisa juga teknis pengambilan Plat Nomor baru. Apabila ketika penyerahan STNK petugas tersebut tidak menyerahkan Plat Nomor baru, dia akan menambahkan STNK berwarna biru dan resi pengambilan, waktu pengambilan akan dijelaskan oleh petugas tersebut.

Setelah selesai, jangan lupa cek semua peryaratan yang dikembalikan oleh petugas, terutama KTP asli dan BPKB asli.

Selesai deh, tinggal pulang, jangan lupa bayar Parkir ea, hihi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar